Rabu, 17 Februari 2010

Hardware Preparation To Build a Network

Project work

Teknik Komputer Jaringan

Persiapan Hardware Untuk Membangun Jaringan & Server






Disusun oleh:

Elita Trisia Anjalina

Teknik Komputer Jaringan 2009/2010

SMK Bakti Idhata




Kata pengantar

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan tugas remedial ini dapat diselesaikan.

Tugas ini disusun untuk diajukan sebagai tugas remedial ujian praktek dengan judul “Persiapan Hardware Untuk Membangun Jaringan & Server” di SMK Bakti Idhata jurusan Teknik Komputer Jaringan.

Terima kasih saya sampaikan kepada:

ü Bapak Latief, selaku kajur TKJ

ü Bapak Rohim, selaku kajur RPL

Yang telah membimbing dan memberikan pengetahuan serta bimbingan demi lancarnya tugas remedial ini.

Demikianlah tugas remedial ini disusun semoga bermanfaat, agar dapat memenuhi tugas remedial saya dengan program kejuruan Teknik Komputer Jaringan.



Persiapan Hardware


Persiapan hardware yang di gunakan untuk membuat jaringan dan server. Berikut ini adalah beberapa device/hardware yang di gunakan dan di perlukan untuk membuat sebuah jaringan dalam suatu ruangan. Berikut ini adalah beberapa device yang dibutuhkan untuk membuat jaringan dan server.



No

Device

Kegunaan

1

PC Server

Untuk jaringan Server-Client

2

PC Router

Untuk mengatur/ membagi jaringan internet ke Server-Client

3

PC Client

Pengguna jaringan internet

4

Access Point Indor (Dlink)

Untuk berbagi jaringan tanpa kabel

5

Crimping Tool

Untuk memasang konektor RJ-45 dengan kabel UTP

6

Cable Tester

Untuk mengecek kesempurnaan sambungan

7

Obeng (+)(-)

Jika ada Trouble tools tersebut dapat di gunakan

8

Stabilizer

Untuk menstabilkan arus listrik

9

HUB

Untuk pembagian saluran internet.
















Sekilas tentang alat-alat tersebut:


1. PC Server



PC server adalah suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. PC Server akan melayani seluruh client yang terhubung ke jaringannya.









2. PC Router



PC router adalah PC yang berfungsi sebagai router dengan menjalankan/ mengatur sistem operasi yang memiliki kemampuan meneruskan paket dari jaringan satu ke jaringan yang lain.









3. PC Client


PC Client adalah komputer yang berfungsi sebagai pengguna jaringan internet dari provider yang telah di atur oleh server dan router.










4. Access Point (engenius)


Access Point adalah alat yang berfungsi sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless dari server, maupun client, di access point inilah koneksi internet dari tempat PC dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.








5. Crimping Tool


Crimping tool adalah alat untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 atau RJ-11 tergantung kebutuhan. Bentuknya macam-macam ada yang besar dengan fungsi yang banyak, seperti bisa memotong kabel, mengupas kabel dan lain sebagainya. Ada juga yang hanya diperuntukan untuk crimp RJ-45 atau RJ-11 saja.









6. Cable Tester



Cable Tester adalah sebuah Alat yang berfungsi untuk mengetes kabel RJ 11 dan RJ 45 apakah semua jalur tersambung dengan benar. LED akan menyala apabila kabel yang tersambung dengan benar.









7. Obeng (+)(-)



Fungsi obeng (+)(-) adalah untuk memasang ataupun melepaskan baut. Dalam hal ini obeng yang digunakan ada dua macam, yaitu obeng pipih dan obeng kembang.











8.Stabilizer



Stabilizer adalah alat untuk menstabilkan listrik PLN supaya beban lebih terjamin daya tahannya. Tapi stabilizer tidak memakai baterai, jadi bila PLN mati maka semuanya akan mati. Stabilizer sering disebut sebagai A.V.R. (Automatic Voltage Regulator), atau Trafo Regulator.







9. HUB



Hub adalah alat penghubung atar komputer, semua jenis jaringan hanya dilewatkan oleh hub. Hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana ketika ada satu paket jaringan yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket jaringan tersebut.










Kesimpulan :

Kita harus mengetahui spesifikasi dan kemampuan alat tersebut yang ingin kita gunakan. Dan cari tahulah apakah alat tersebut support dengan OS yang kita gunakan. Sekian dan terima kasih


Glosarium :


LED: Light-emitting-diode
Area coverage: Area cakupan
Provider: Penyedia jasa internet

1 komentar: